Senin, 18 Oktober 2010

The Other Guys : Dark Horse Movie of The Year




Oleh   :  Handi Budiman



Jika tahun lalu “The Hangover” merupakan Dark Horse Movie of The Year, maka menurut saya, tahun ini gelar tersebut disandang “The Other Guys”, film yang dibintangi duo Will Ferrell dan Mark Wahlberg.
Film ini menceritakan tentang detektif Allen (Will Ferrell) yang lebih tertarik dengan tugas administrasi kepolisian ketimbang beraksi di lapangan. Berbeda dengan Allen, detektif Terry (Mark Wahlberg) justru sangat ingin diberi kesempatan untuk menyelesaikan sebuah kasus menarik di lapangan. Terlebih lagi, ia harus membersihkan namanya ketika ia tidak sengaja menembak pemain basket, Derek Jeter di masa lalu. Keduanya selalu menjadi bahan ejekan teman-teman satu divisinya. Di saat mereka membutuhkan sebuah pengakuan, mereka justru terjebak dalam sebuah kasus rumit yang justru membuat kekonyolan mereka lebih menonjol ketimbang kepintaran mereka.
Menurut saya, film ini merupakan salah satu film komedi terbaik Hollywood tahun ini. Kelucuan yang disuguhkan dalam film ini benar-benar gokil! Terlebih lagi, kelucuan tersebut justru berjalan beriringan dengan pengenalan dan pendalaman terhadap karakter Allen dan Terry sehingga kelucuan tersebut tidak berkesan dibuat-buat. Kejutan utama yang saya dapatkan ketika menyaksikan film ini adalah chemistry yang kuat antara Mark Wahlberg dan Will Ferrell. Padahal, keduanya lebih sering bermain di genre film yang berbeda. Mark lebih identik dengan film-film action. Sedangkan, Will lebih identik dengan film komedi. Kekuatan utama dari film ini adalah temanya yang tidak sederhana namun disajikan dengan selipan unsur komedi dan sarkasme tanpa menghilangkan esensi utama cerita.
Adegan yang paling membekas dalam ingatan saya adalah ekspresi Terry yang “melemas” setiap kali melihat istri Allen (Eva Mendes) yang hot; dan tentu saja adegan ketika ibu mertua Allen menjadi “pesan berjalan” bagi Allen dan istrinya.
Mampukah Allen dan Terry menyelesaikan kasus rumit yang membahayakan nyawa mereka sendiri dan mendapatkan pengakuan dari rekan-rekan satu divisinya? Jawabannya hanya akan Anda temukan dalam ending film berdurasi 107 menit yang juga menampilkan Samuel L. Jackson dan Dwayne Johnson sebagai cameo ini.


Score       :      8  /  10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar